Ahok Ngantor Naik Kopaja, Ngalah Berikan Kursi ke Ibu-ibu

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok memilih Kopaja AC sebagai angkutan yang ia gunakan untuk pergi bekerja di bulan April, Jumat kemarin.

Rutinitas itu memang sudah sejak lama Ahok lakukan, yakni saat mendampingi Gubernur Jokowi. Kegiatan Ahok itu dia unggah ke dalam akun Instagramnya, @basukibtp.

Ada tiga foto yang diunggah Ahok. Pertama, Ahok menunggu bus di pinggir jalan bersama seorang pengawalnya. Foto kedua, Ahok duduk bersama penumpang lainnya di bus rute Balai Kota-Pantai Indah Kapuk (PIK).

Dan foto ketiga, Ahok berdiri dan terlihat memegang langit-langit bus.

"Aku dapat tempat duduk. Terus ada ibu-ibu, aku ngalah berdiri," kata Ahok, kepada wartawan, di Balai Kota, Jumat (1/4).

Ahok mengaku ingin mengetahui berapa lama waktu tunggu bus yang beroperasional, sekaligus mengevaluasi saat naik bus yang terintegrasi dengan PT Transjakarta tersebut.

"Kalau orang begitu penuh, berdirinya susah. Kursinya nanggung dan dia bikin kursinya terlalu ke depan," kata Ahok.

"Tadi aku agak telat aja, begitu aku sampai busnya baru lewat. Saya tunggu busnya lagi, hampir 15 menit, terus naik busnya sampai Balai Kota setengah jam perjalanan kira-kira," kata Ahok.

Kebijakan ini tercantum dalam Ingub Nomor 150 Tahun 2013 yang ditandatangani 30 Desember 2013. Disebutkan, PNS di lingkungan Pemprov DKI Jakarta dilarang membawa kendaraan bermotor roda empat dan roda dua setiap Jumat pekan pertama setiap bulan.



Artikel Jogja-Zone Lainnya :

Scroll to top